Sunday, July 6, 2014

Awas Kanker Payudara Pada Pria

Beberapa fakta kanker payudara laki-laki

  • Kanker payudara pada pria memang jarang dan hanya menyumbang sekitar 1% dari semua kasus kanker payudara di dunia.
  • Risiko kanker payudara pada pria meningkat dengan peningkatan kadar estrogen, paparan radiasi sebelumnya, dan riwayat keluarga kanker payudara.
  • Infiltrasi karsinoma duktal adalah jenis yang paling umum dari kanker payudara laki-laki.
  • Sebuah benjolan di bawah puting adalah gejala yang paling umum dari kanker payudara laki-laki.
  • Kanker payudara pada kaum laki-laki dipentaskan (mencerminkan luasnya penyebaran tumor) identik dengan kanker payudara pada wanita.
  • Pembedahan adalah pengobatan awal yang paling umum untuk kanker payudara laki-laki; kemoterapi, terapi radiasi, dan terapi hormonal juga diberikan.
  • Prognosis kanker payudara pria, seperti kanker payudara pada wanita, secara dominan dipengaruhi oleh stadium tumor.
Baca juga : Pantangan Makanan penyakit Kanker Payudara

Apa itu Kanker Payudara Pada Pria

Kanker Payudara Pada Pria
Pria memiliki sejumlah kecil jaringan payudara nonfunctioning (jaringan payudara yang tidak dapat memproduksi ASI) yang terkonsentrasi di daerah tepat di belakang puting pada dinding dada. Seperti halnya kanker payudara pada wanita, kanker payudara laki-laki adalah pertumbuhan yang tidak terkendali dengan potensi penyebaran beberapa sel pada jaringan payudara. Sel-sel ini menjadi abnormal pada penampilan dan perilaku dan mereka kemudian menjadi sel-sel kanker.

Jaringan payudara pada anak laki-laki  dan perempuan berasal dari struktur tubular yang dikenal sebagai saluran. 

Pada masa pubertas, ovarium seorang gadis memproduksi hormon wanita (estrogen) yang menyebabkan saluran untuk tumbuh dan kelenjar susu (lobulus) mengembang di ujung saluran. Jumlah jaringan lemak dan ikat pada payudara juga meningkat seiring anak perempuan melalui masa pubertas. 

Di sisi lain, hormon anak laki-laki (seperti testosteron) yang disekresi oleh testis menekan pertumbuhan jaringan payudara dan pengembangan lobulus. Jaringan payudara laki-laki, oleh karena itu, hanya terdiri dari sejumlah kecil lemak dan jaringan ikat.

Namun walaupun memiliki perbedaan jaringan payudara antara wanita dan pria, keduanya memiliki risiko untuk mengidap kanker payudara. Walaupun wanita lebih tinggi risikonya di bandingkan dengan kaum pria.

Jadi kaum bapak jangan menganggap remeh kanker payudara, karena bisa saja menimpa Anda. Oleh karena itu mulai dari sekarang usahakan untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan menjauhi kebias.aan buruk seperti merokok untuk menurunkan risiko terkenan penyakit kanker payudara.
Sumber: http://www.medicinenet.com/male_breast_cancer/article.htm

No comments:

Post a Comment